Bisnis Plan Usaha Kaset DVD



I.    Business Ideas

1.        Latar Belakang (background)

Berawal dari hobi kami yang senang menonton film khususnya film DVD. Kaset film DVD yang sudah kami tonton menumpuk dan tidak bermanfaat maka kami memutuskan untuk membuka usaha menjual kaset DVD. Selain itu kami tidak mengeluarkan modal yang cukup besar sebab modal kami adalah kolesi DVD milik kami. Kami juga melihat peluang yang besar dari penjualan DVD diantaranya :

-          Banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk menonton televisi atau menghabiskan uangnya untuk menonton film bioskop yang baru tanyang karena penasaran dengan alur ceritanya. Karena itulah menonton merupakan hiburan yang sudah menjadi kebutuhan.

-          Banyak Orang yang lebih suka menonton film DVD seperti film drama korea, film barat dan film-film lain. Selain itu banyak orang yang  lebih suka beli DVD dibandingkan nonton bioskop sebab DVD lebih hemat dan bisa di tonton ulang kapan aja.

-          Ketika kami menjalankan usaha ini banyak film bajakan yang beredar di toko DVD di sekitar lingkungan tempat usaha kami yang
seharusnya dijual dengan harga yang lebih murah. Dengan melihat kondisi ini, ini merupakan peluang bagi kami untuk menjual dengan harga yang lebih murah walaupun keuntungan yang kami peroleh tidak sebesar toko-toko mereka yang menjual lebih mahal.

-           Menjual DVD dengan harga yang lebih murah di bandingkan dengan pesaing di lingkungan tempat kami jual membuat kami tidak sepih pengunjung namun kami harus berfikir untuk memperbanyak kolesi DVD milik kami sehingga kami belajar menggandakan film DVD secara kecil-kecilan.


2.   Inovasi

Sesuai dengan kondisi pasar pesaing di lingkungan usaha kami inovasi kami terletak pada pemasukan yaitu menekankan penjualan yang lebih murah dibadingkan pesaing di lingkungan kami dengan mencari cara untuk melakukannya yaitu dengan menggandakan DVD kolesi film kami pada DVD-R lalu menjualnya kembali dengan harga yang lebih murah dibanding pesaing.

Kami melakukan survei kepada mereka untuk memastikan koleksi apa yang akan kami perbanyak dalam penjualannya, dengan melihat minat mereka terhadap film barat, film Indonesia, serta film asia. Ternyata kebanyakan dari mereka menyukai film asia dengan total 40% yaitu sekitar 20 orang dari 50 orang yang kami survei, dan sisanya 35% film barat yaitu sekitar 18 orang dan 25% film Indonesia yaitu sekitar 12 orang. Jadi kami perbanyak koleksi film kami terhadap film asia.

Film Indonesia
Film Barat
Film Asia
12
18
20

Kami juga melakukan survei terhadap jenis lagu yang diminati oleh lingkungan tempat kami membuka usaha. Dengan melihat minat mereka terhadap jenis musik asal tanah air, jenis musik asal barat, dan musik asia setra membandingkannya ternyata jenis dangdut asal tanah air lebih banyak dibandingkan jenis musik pop dan rock dengan perhitungan 20 orang yang menyukai dangdut dari 50 orang yang kami survei, 17 orang menyukai pop dan 13 orang menyukai musik rock. Untuk jenis musik asal barat ternyata 35 orang menyukai musik R&B, 20 orang menyukai pop dan 5 orang menyukai jazz. Dan kami membandikan musik asal mana yang mereka sukai ternyata musik asal tanah air lebih diminati dengan perhitungan  25 orang dari 50 orang yang kami survei lalu 15 orang menyukai musik barat dan 10 rang menyukai musik asia. Untuk itu kami perbanyak list lagu dangdut asal tanah air dan dengan membandingkan minat mereka pada jenis musik serta asalnya lalu kami mengkoleksi sesuai dengan tingkat minatnya.

Danggut
Pop
Rock
R&B
Jazz
Musik tanah air
20
17
13
-
-
Musik Barat
-
20
-
35
5
Musik Asia


Rencana kami kedepannya kami juga akan membeli tempat agar kami dapat membuka rental PS2. Sekarang ini kami masih gabung dengan usaha salon keluarga milik seorang dari kami, namun tidak sedikit pembeli DVD kami berasal dari pelanggan salon.

Selain itu usaha kami akan kami kembangkan dengan membeli film original dari keuntungan yang kami peroleh untuk di sewakan. Cara penyewaannya mereka harus daftar sebagai mamber JNS shop dengan mengisi data pribadi yaitu alamat, no.Tlpn, serta data lain, melampirkan fotocopi KTP dan membayar sebesar 15 ribu yang nantinya mereka akan mendapatkan mamber card sebagai akses penyewaan DVD original.

Dan juga kami berencana untuk pembuatan CD mp3, akan kami perbaharui dengan menyediakan layanan pembuatan mp4 serta kompilasi video yang biasa digunakan untuk acara ulang tahun atau acara-acara penting lainnya guna mengingat kejadian-kejadian yang telah berlalu. Kompilasi video ini juga berisi editan yang menarik dan yang diinginkan oleh konsumen.

3.   Data & informasi pendukung

Dalam menjalankan bisnis ini ada beberapa peluang untuk memajukan bisnis ini tetapi ada juga hambatan. Berikut rinciannya :

Peluang

-       Menjual DVD lebih murah dibandingkan pesaing yang berada di lingkungan tempat usaha membuat kami tidak sepih pengunjung.

-       Tempat usaha yang menjadi satu dengan usaha salon keluarga milik seorang dari kami yang kebanyakan konsumen berasal dari pelanggan salon

-       Jaringan yang cukup, tidak hanya offline yaitu dengan cara  mempromosikan di lingkungan usaha kami melainkan juga secara online via facebook dan blog. Pemesanan dilakukan via sms atau via YM yang telah kami cantumkan nomor telfon dan YM kami di facebook dan di blog kami.


-       mengetahui minat konsumen yaitu melakukan survei terhadap jenis film yang lebih digemari di lingkungan tempat usaha kami sehingga kami dapat memproritaskan penyediaan film yang lebih terhadap minat dari film tersebut.

Hambatan

-       sulit membagi waktu, karena kami seorang mahasiswa yang banyak menggunakan waktu kami untuk mengerjakan tugas lain dan kuliah.

-       Kami pernah mencoba untuk mendownload film via internet untuk menambah koleksi film kami, tetapi ini tidak efisien apabila di bandingkan dengan pengeluarannya serta pendapatannya untuk itu kami tidak lagi mendownload via internet. Melainkan mencari tau tentang menggandakan koleksi film kami.

-       Belum merealisasikan rencana-rencana sebagai inovasi kami diantaranya membuka rental PS2, menyewakan film original, dan juga membuat kompilasi video mp4.

4.      Kriteria & evaluasi pemilihan ide

Dalam kriteria dan evaluasi pemilihan ide ini, kami menggunakan program ganttProject sebagai perbadingan dan pencatatan dari kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan bisnis ini.

Pada susunan ganttProject kegiatan bisnis ini terlihat bahwa usaha ini menunjukan peningkatan karena peluang untuk bisnis ini lebih banyak di bandingkan dengan hambatan atau hal yang negative.

Dengan adanya ganttProject ini sangat membantu kami dalam mengevaluasi bisnis kami. Kami menyimpulkan bahwa usaha ini berkembang dan sangat bermanfaat dengan melihat kegiatan-kegiatan yang kami lakukan setra target pada ganttProject dari usaha kami.

Dalam menjalankan usaha ini kami tidak mengeluarkan modal yang besar karena kami tidak membeli DVD, CD MP3, dan kaset PS2 kemudian menjualnya kembali (reseller) melainkan kami sudah memiliki koleksi film-film, lagu-lagu tersebut lalu kami gandakan film tersebut. Dalam menjalankan bisnis ini juga tidak di perlukan skill yang khusus sehingga mudah di pelajari dan mudah dijalankan.

Dalam menjalankan usaha ini kami tidak menyewa tempat sebab tempat usaha kami yang menjadi satu dengan usaha salon keluarga milik seorang dari kami yang kebanyakan konsumen berasal dari pelanggan salon.

Usaha ini mampu kami jalankan dengan melihat kondisi- kondisi yang telah diuraikan walaupun masih ada sedikit hambatan dalam waktu. Hambatan dalam waktu ini di karenakan tugas kami sebagai seorang mahasiswa. Namun, itu tidak menjadi hambatan yang berarti bagi kami.





5.      Ide Bisnis

Melihat pembelian dan minat konsumen yang lebih banyak membeli film DVD dibandingkan CD MP3 dan juga kaset PS2. Oleh karena itu, kami menentukan ide bisnis yang akan kami utamakan untuk saat ini adalah menjual film DVD. Dengan target pasar kebanyakan adalah pria dan wanita khususnya remaja sampai dengan dewasa. Namun beberapa film juga di tergetkan untuk semua usia maka itu tidak hanya remaja dan dewasa saja melainkan semua usia. Untuk itu kami mengkoleksi lebih banyak film DVD dibandingkan CD-MP3 dan kaset PS2. Namun Ide bisnis kami dapat berubah sesuai dengan inovasi yang kami jalankan saat ini. Kami akan terus membuat inovasi-inovasi baru yang akan memajukan usaha kami.

Namun, untuk saat ini kami menjalankan inovasi yang telah kami buat sesuai dengan uraian kami tadi. Karena kami yakin dengan ide bisnis ini usaha kami akan berkembang untuk kedepannya kami akan terus mempertahankan minat konsumen pada harga yang murah karena tidak banyak penjual DVD dapat menjual DVDnya dengan harga yang murah. Kami juga segera merealisasikan penyewaan DVD original dengan ketentuan yang telah kami jelaskan sebelumnya.

1 komentar:

  1. Dapakan HP samsumng android Hanya dengan cara menjual kaset animasi DVD pendidikan
    Peluang usaha baru, usaha sampingan untuk guru, mahasiswa, masyarakat umum
    produk kaset DVD pendidikan Animasi 3D. pertama di indonesia
    dengan judul "ayo belajar huruf dan angka'kaset ke dua " ayo belajar membaca "
    DApakan HP samsumng android unutuk Agen di seluruh indonesia
    berminat hub CV. eduvision multimedia
    web. www.kasetbelajar.blogspot.com
    sms/ call: 081135640101

    BalasHapus