Bisnis Plan Pembudidayaan Ikan Lele Kolam Terpal

A.Latar Belakang
Saat ini permintaan ikan air tawar naik cukup tinggi untuk kebutuhan dalam maupun luar kota.untuk kebutuhan dalam kota saja sudah kualahan,hal ini di karenakan hasil ikan laut tidak bisa dipastikan hasilnya karena pengaruh dari cuaca dan kondisi laut yang sekarang sudah tercemar sehingga untuk mencari ikaan laut agak susah,sedangkan permintaan akan ikan terus meningkat.
Salah satu alternative Saat untuk memenuhi pasar adalah budidaya ikan air tawar dimana hasilnya juga bisa dipastikan hanya saja peternak masih sedikit yang membudidayakan ikan air tawar.hal ini dikarenakan modal yang cukup besar untu memulai budidaya tsb,kebayakan orang yang punya modal besar yang bisa membudidayakanya.budidaya ikan tawar diantaranya : budidaya ikan lele,ikan patin,ikan mas,dll.faktor lain yang memegang peranan penting atas proyek ikan lele adalah rasa dagingnya yang khas dengan kaandungan omega padat dan gizi yang cukup tinggi,sehingga sering dijadikan sebagai sumber prote’in yang murah dan mudah didapat,serta memiliki harga jual yang terjangkau oleh masyarakat.
Oleh karena kepopulenya itu membuat ikan lele memiliki prospek usaha yang cukup menjanjikan.apabila ditinjau dari segi pertumbuhan,ikan lele merupakan jenis ikan yang memiliki laju pertumbuhan yang cepat dan dapat mencapai bobot jauh lebih besar dengan tingkat produktifitas yang cukup tinggi.ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang popular di kalangan masyarakat,ika lele produktif apabila di pelihara di berbagai lahan,bukan hanya di pelihara di kolam biasa tetapi juga di pelihara di kolam media,seperti halnya ikan lele,hal ini dikarenakan ikan lele memiliki batasan toleransi yang cukup tinggi terhadap berbagai kondisi lingkungan perairan.ikan lele yang masih berukuran kecil pada umumnya lebih tahan terhadap perubahan lingkungan.
B.Perencanaan Bisnis/Usaha
Untuk memulai usaha/bisnis ikan lele kolam terpal agar berkembang dan maju,hal yang perlu di lakukan adalah melalui langkah langkah perencanaan berikut ini:
1.meyiapkan modal atau dana antara 12 juta – 15 juta rupiah.
2.tersedianya tempat/lokasi usaha yang cukup strategis dan mudah di    jangkau dan alat alat yang lengkap untuk mendukung usaha tersebut
3.menyusun struktur manajemen dalam usaha seperti ketua,sekretaris,bendahara dan anggota(pegawai)
4.jika kolam sudah jadi dan struktur manajemen sudah terbentuk,maka anggota membeli benih dan induk ikan lele untuk di taruh di dalam kolam,dan penaruhanya harus di pisahkan.agar tidak terjadi kanibalisme
5. induk ikan lele berfungsi untuk melahirkan benih benih ikan lele baru,dan benih/bibit ikan lele berguna untuk di kembangbiakkan hingga siap untuk dijual.
6.setiap dua minggu sekali,air yang sudah keruh harus diganti dengan air yang baru agar ikan tidak stress dan mati
7.Untuk panen ikan lele,di butuhkan waktu 4 bulan untuk mendapatkan hasil ikan yang benar benar siap untuk di jual.dan bibit yang baru di kembang niakkan kembali
8.penjualan ikan lele terbagi dalam dua bagian,yaitu ecer dan grosir.ecer untuk para masyarakat umum dan grosir untuk para bakul
9.target pemasaran yang paling utama adalah para bakul dan pasar pasar tradisional maupun modern.
10.usaha keras,tekun,giat dan doa dalam menjalankan usaha merupakan kunci sukses dalam berbisnis
C.Pelaksanaan Bisnis
1.Place (Lokasi Usaha)
Lokasi budi daya ikan lele kolam terpal,bertempat di barat PT djarum desa megawon,jati.kudus.
Jenis kolam : kolam terpal Uk(5x7x1) 4 kolam & Uk(2x4x1) 1 kolam,Uk(1x3x1)
Luas lahan :255 m2   - jenis air : air tawar
2.Product (Produk)
Karena ikan lele merupakan benda hidup dan ikan air tawar,maka bentuk kemasanya hanya bungkus plastik yang besar untuk para grosir.dan plastic biasa untuk para pengecer.
3.Price (Harga)
A.lele sangkuriang ukuran 2-3 cm
-estimasi harga jual : Rp 12.000/Kg & 2000Kg Rp24.000.000
B.lele sangkuriang ukuran 3-7 c

0 komentar:

Posting Komentar