Makalah Ilmu Aqidah

1.Pendahuluan
Ilmu aqidah sebagai ilmu yang mempelajari tentang masalah masalah yang berkaitan dengan keyakinan islam, telah menjadi salah satu pedoman bagi kehidupan manusia untuk memperoleh kemuliaan dan kebahagiaan  yang telah di ajarkan oleh allah S.W.T dan nabi Muhammad S.A.W dalam menjalani kehidupan di dunia ini.
Ilmu aqidah juga bisa disebut dengan ilmu tauhid,yang berarti sama sama ilmu yang bermanfaat bagi manusia untuk menjalani hidup di bumi.agar tidak tersesat dan mempunyai sikap dan budi pekerti yang baik sesuai dengan apa yang di ajarkan oleh allah dan nabi Muhammad dalam kitab al-qur’an dan al hadist.
Melalui makalah ini,saya sedikit akan mencoba menjelaskan mengenai ilmu ilmu aqidah .dan menjelaskanya dengan cukup terperinci.

2.Rumusan Masalah
a.Pengertian Ilmu Aqidah?
b.Nama nama ilmu aqidah?
c.Sumber ilmu aqidah?
d.Tujuan ilmu aqidah?
     e.Manfaat ilmu aqidah?


3.PEMBAHASAN
A. Pengertian
Ilmu aqidah  yaitu ilmu yang membahas masalah-masalah yang berkenaan dengan keyakinan Islam.
Kata aqidah berasal  dari aqada, ya'qidu, aqiidatan. Secara bahasa aqidah berarti ikatan atau simpul. Jamaknya aqa’id yang berarti simpulan atau ikatan-ikatan iman,mahkota. Dari segi bahasa aqidah berarti sesuatu yang tersimpul dalam hati dan dihormati seperti mahkota.Dari kata tersebut muncul kata I’tikad yang berarti membenarkan atau kepercayaan. Akidah menurut istilah ialahkeyakinan hidup/iman (way of life).
Endang Saifuddin Anshari mengartikan aqidah sebagai pengikraran yang bertolak dari hati (Anshari, 1976:17). Definisi aqidah secara istilah  (terminologis) adalah sejumlah kebenaran yang dapat diterima secara umum oleh manusia berdasarkan fitrah , akal, dan wahyu, kemudian dipatrikan di dalam hati, diyakini kesahihannya dan ditolak kebenaran yang selainnya
Selanjutnya dalam Kitab Mu’jam al-Falsafi, Jamil Shaliba mengartikan akidah menurut bahasa adalah menghubungkan dua sudut sehingga bertemu dan bersambung secara kokoh. Ikatan tersebut berbeda dengan terjemahan kata ribath yang artinya juga ikatan tetapi ikatan yang mudah dibuka, karena akan mengandung unsur yang membahayakan.
Secara skematis ruang lingkup aqidah Islam berkenaan dengan masalah masalah yaitu sebagai berikut
1 Ilahiyat / Ketuhanan (tentang: Allah, tawhid, syirik, dll.)
2. Nubuwat / Kenabian ( tentang: Nabi/Rasul, kitab suci, dll.)
3. Ruhaniyat / Alam ghaib (tentang: Malaikat, jin, ruh, syetan, dll.)
4. Sam’iyat / Berita ghaib ( tentang: kiamat, barzakh, mahsyar, surga, neraka.)

Ilmu aqidah disebut juga dengan ilmu tauhid.Perkataan Tauhid berasal dari bahasa Arab, masdar dari kata wahhada, yuwahhidu. Secara etimologis, tauhid berarti keesaan, maksudnya itikad atau keyakinan bahwa Allah SWT adalah Esa, Tunggal, Satu, pengertian ini sejalan dengan pengertian tauhid yang digunakan dalam bahasa Indonesia, yaitu “keesaan Allah“ mentauhidkan berarti mengakui keesaan Allah, mengesakan Allah.

Pengertian aqidah menurut para ahli :
1. Menurut Syeikh Muhammad Abduh
aqidah adalah ilmu yang membahas tentang wujud Allah, tentang sifat-sifat yang wajib disifatkan kepada-Nya, sifat-sifat yang sama sekali yang wajib dilenyapkan dari pada-Nya, juga membahas tentang Rasu-rasulNya, meyakinkan kerasulan mereka, sifat-sifat yang boleh ditetapkan kepada mereka dan apa yang dilarang dinisbatkan kepada mereka.
2.  Menurut Husain Affandi  Al – Jisr
aqidah adalah ilmu yang membahas tentang hal-hal yang menetapkan aqidah agama dengan dalil-dalil yang meyakinkan.
3.  Menurut Prof. M. Thahir A. Muin
aqidah adalah ilmu yang menyelidiki dan membahas soal yang wajib, mustahi, dan jaiz bagi Allah dan bagi sekalian utusan-utusanNya, juga mengupas dalil-dalil yang mungkin cocok dengan akal pikiran sebagai alat untuk membuktikan adaNya z

0 komentar:

Posting Komentar