LAPORAN PENELITIAN MOTIVASI DAN KEBUTUHAN KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN SHAMPO CLEAR DI DESA RAGUKLAMPITAN BATEALIT JEPARA

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Perkembangan zaman saat ini menuntut konsumen bersikap pintar, cermat, efektif dan efisien dalam memilih produk yang diinginkan. Dengan adanya sikap itu, maka konsumen tidak akan kecewa dengan apa yang telah mereka beli (action). Dalam kehidupan sehari-hari konsumen dihadapi dengan berbagai kebutuhan yang tiada henti, salah satunya kebutuhan dalam memilih produk shampo karena memang pada dasarnya manusia tidak lepas dari kebutuhan dan tidak akan terpuaskan dari kebutuhan mereka.
Dengan meningkatnya permintaan konsumen dari berbagai produk, maka produsen berusaha akan memenuhi kebutuhan yang konsumen inginkan. Dengan itu, produsen menciptakan berbagai produk yang bervariatif serta barbagai pilihan produk itu sendiri. Bahkan produsen akan menciptakan produk yang sebelumnya belum pernah dibutuhkan oleh konsumen. Inovasi-inovasi inilah yang menjadi dilema bagi konsumen, apakah mereka akan mengambil keputusan berdasarkan keinginan atau kebutuhan. Maka, konsumen akan melihat faktor-faktor apakah yang cocok bagi mereka, sehingga mereka dapat mengambil keputusan yang tepat dan bermanfaat bagi kehidupannya.
Untuk itu penulis akan melakukan penelitian tentang motivasi dan kebutuhan konsumen dalam pembelian produk shampo clear di desa Raguklampitan Batealit Jepara.

B. BATASAN MASALAH PENELITIAN
Penelitian ini hanya fokus pada 2 masalah yaitu :
1. Bagaimana motivasi dan kebutuhan konsumen dalam pembelian produk shampo Clear di Desa Raguklampitan Batealit Jepara.
2. Bagaimana promosi yang tepat yang sesuai dengan motivasi dan kebuuhan konsumen dalam pembelian produk shampo clear di Desa Raguklampitan Batealit Jepara.

C. TUJUAN PENELITIAN
1. Untuk mengetahui mana yang lebih mempengaruhi antara motivasi dan kebutuhan seseorang dalam pembelian shampo clear di Desa Raguklampitan Batealit Jepara.
2. Menentukan promosi yang tepat berasarkan motivasi dan kebutuhan konsumen dalm pembelian shampo clear di ddsa Raguklampitan japara.

D. SASARAN PENELITIAN
Sasaran dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor dan hal-hal mempengaruhi konsumen atau seseorang dalam pembelian shampo clear di Desa Raguklampitan jepara. Dengan adanya penelitian ini diharapkan akan tercipta promosi yang tepat dan sesuai berdasarkan motivasi dan kebutuhan konsumen dalam pembelian shampo clear di Desa Raguklampitan Jepara, dan juga sebagai tolak ukur kualitas dari shampo clear menurut pandapat dari warga Desa Raguklampitan Batealit Jepara.

E. METODELOGI PENEITIAN
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu dengan menggunakan kuesioner yang di bagikan kapada 20 orang di Desa Raguklampitan Batealit Jepara, kuesioner yang di gunakan mengacu pada teori motivasi dan kebutuhan dari Abraham Maslow dan dengan menggunakan lima skala pengukuran hurarki yaitu sebagai berikut.
1. Kebutuhan Fisiologis
2. Kebutuhan Rasa Aman
3. Kebutuhan Sosial
4. Kebutuhan Ego
5. Kebutuhan Aktualisasi Diri.
BAB II
LANDASAN TEORI

Penegertian motivasi menurut Reksohadiprodjo handoko (1997:252) motivasi adalah keadaan pribadi seorang yamg mendorong keinginan melakukan kegiatan-kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan. Sedangkan Buhler, (2004:191) memberikan pendapat tentang pentinggya motivasi sebagai “Motivasi pada dasarnya adalah proses yang menentukan seberapa banyak uasha yang akan dicurahkan untuk melaksanakan pekerjaan”. Motivasi atau dorongan konsumen sangat menentukan bagi tercapainya tujuan pemasaran perusahaan, maka produsen dan pemasar harus dapat menumbuhkan motivasi setinggi-tingginya bagi konsumennya.
Pengertian kebeutuhan menurut Ekawati (2010) adalah dorongan yang muncul baik dari dalam (internal) maupun dari luar (eksternal) untuk melakukan suatu perbuatan dalam rangka menciptakan kepuasan baik fisik maupun mental. Apabila kebutuhan tidak di lakukan, maka akan menimbulkan ketidaknyamanan,

0 komentar:

Posting Komentar