STUDI KELAYAKAN BISNIS USAHA MAKANAN DAN MINUMAN BALITA DANANAK ANAK



BAB I

PENDAHULUAN



A. Latar Belakang

Masa balita adalah periode perkembangan fisik dan mental yang pesat. Pada masa ini otak balita telah siap menghadapi berbagai stimuli seperti belajar berjalan dan berbicara lebih lancar. Balita memiliki kebutuhan gizi yang berbeda dari anak-anak. Mereka butuh lebih banyak lemak dan lebih sedikit serat, sedangkan anak yang telah berusia diatas 3 tahun lebih membutuhkan banyak serat dan vitamin untuk pertumbuhan tubuhnya. Tidak banyak bunda yang tau tentang pemenuhan gizi balita dan anak, selain itu anak kecil cenderung menyukai jajanan dan camilan buatan pabrik yang kebanyakan tidak memperhatikan gizi dan berbahan pengawet, sehinnga gizi si kecil tidak terpenuhi dengan baik.

Apalagi di era seperti ini para bunda pun tidak sedikit yang berkarir atau berkerja, kesibukan menjadi kendala untuk memantau menu makan si kecil. Dengan demikian kami membuat restaurant dengan menu kreatif dengan gizi yang seimbang sesuai usia si kecil, rasa yang lezat dan bentuk yang unik serta menarik akan membuat si kecil akan menyukainya. Kami juga akan memberikan panduan gizi langsung dari Dokter Ahli Gizi dan pengetahuan tentang gizi si kecil yang harus di penuhi sesuai tingkatan umur nya, Memudahkan untuk bunda dan orang tua untuk memberi asupan nutrisi terbaik bagi sang buah hati.

B. Rumusan Masalah

1. Bagaimana dengan peluang pasarnya?

2. Bagaimana rencana strategi pemasaran anda?

3. Apa produk-produk yang dipasarkan?

C. Tujuan Usaha

1. Menyediakan makanan dan minuman dengan lebih 500 restaurant di seluruh Indonesia.

2. Menciptakan Brand dan Francise

3. Restaurant dimana setiap orang tua dan anak merasa puas

4. Makanan yang paling baik di kelasnya, menu makanan yang sehat namun lezat

5. Brand yang sukses dan memberikan konstribusi pada pemilik, pemasok dan masyarakat sekitar



BAB II

PEMBAHASAN

A. Analisi Kelayakan Bisnis

1) Aspek Manajemen

Sisi Pendekatan Perencanaan “Baby Fun Restaurant” menggunakan pendekatan kombinasi dalam pembuatan suatu perencanaan yaitu Pendekatan Atas-Bawah (Top-Down) dan Pendekatan Bawah-Atas (Bottom-Up) dengan persentase yang relatif seimbang antara keduanya. Sedangkan perencanaan detailnya diserahkan kepada kreativitas para karyawan dengan tetap mematuhi aturan yang ada, sehingga tercipta hubungan komunikasi yang baik dan feedback yang seimbang antara pemilik dengan para karyawan.

b. Sisi Jangka Waktu dan Tingkatan Manajemen

Jika dilihat dari waktu yang digunakan untuk pengaplikasian suatu rencana usaha, “Baby Fun Restaurant” menerapkan Perencanaan Jangka pendek dan jangka panjang.

c. Sisi Program Kerja

“Baby Fun Restaurant” berusaha melaksanakan aktivitas produksi untuk mencapai target dan omzet yang telah ditentukan sebelumnya.

2) Aspek Pemasaran

Untuk mengetahui layak atau tidak nya usaha ini, pertama saya akan melakukan kajian aspek pasar dan pemasaran. Berikut rinciaannya :





· POTENSI PASAR

Baby Fun Restaurant memiliki potensi pasar yang bagus, karena di pasaran saat ini bisa dibilang belum ada restaurant yang special menjual makanan balita dan anak kecil, sehingga memungkinkan untuk menguasai pasar dalam menjual menu makanan untuk balita dan anak

· PELUANG PASAR

a) Trend saat ini yang lebih ke arah makanan sehat

b) Menciptakan dan mengembangkan menu atau produk baru jenis makanan

c) Pengembangan secara terus menerus ke pangsa pasar orang tua selain balita dan anak-anak.

d) Pertumbuhan iklan di internet karena penggunaan internet telah meningkat.

e) Kerjasama dengan berbagai pihak

f) Kesibukan orang tua, banyaknya ibu yang berkarir

· RENCANA PENJUALAN

Untuk awal pembukaan Baby Fun Restaurant kami menargetkan penjualan untuk setiap outlet nya sebesar 50 porsi per harinya, namun setelah Baby Fun Restaurant dibuka selama 3 bulan kami menargetkan kenaikan penjualan per outlet nya yaitu minimal 120 porsi per hari nya. Dan untuk jangka panjang nya kami menargetkan pembukaan outlet di beberapa kota besar di Indonesia, sehingga penjualan akan semakin meningkat.

· RENCANA STRATEGI PEMASARAN

a) Product

Baby Fun Restaurant adalah restoran yang menyediakan makanan dan minuman untuk balita dan anak-anak khusus nya dibawah 10 tahun. Berikut adalah rincian menu yang ditawarkan :

Bubur, yang terdiri dari :

a) Bubur kuning telur

b) Bubur ayam beras merah

c) Bubur susu

d) Bubur buah ( pir, pisang, pepaya, avocado, apel )

e) Sup, yang terdiri dari :

f) Sup krim ayam

g) Sup bayam

h) Sup kacang kedelai

i) Paket nasi, yag terdiri dari :

j) Nasi kepal warna-warni ( dengan aneka sayur dan daging sapi dalam bentuk aneka hewan lucu )

k) Nasi ayam kukus

l) Nasi tim ikan kakap

m) Puding, yang terdiri dari :

n) Puding buah naga

o) Puding apel riccota

p) Puding susu

q) Camilan sehat, yang terdiri dari :

r) Pay kentang jamur sayuran

s) Kue buah mangkuk jeruk

t) Pisang tofu

u) Crackers sayur

v) Minuman, yang terdiri dari :

w) Aneka jus buah mix sayur

x) Susu buah yummy

y) Es domby dum

z) Es cream buah dan sayur

aa) Susu



b) Price

Penentuan harga didapat dari metode markup pricing, yang presentase labanya di tentukan dengan mempertimbangkan market place sesuai dengan daya beli konsumen.







c) Place

Lokasi pendirian restoran untuk pendistribusian kepada pelanggan tersebut berada di lokasi strategis dan mudah akses bagi target pasar yang dituju yaitu segmen balita,anak-anak dan keluarga.

d) Promotion

Secara umum, program promosi dari market wide adalah program advertising melalui above the line, yaitu iklan radio.



3) Aspek Teknik dan Teknologi

RENCANA PROSES PRODUKSI

Proses produksi akan dilakukan di tiap outlet atau restoran sendiri untuk memudahkan proses produksi. Karena kami mengusung tema makanan sehat dan fresh, maka saat ada pemesanan, order atau pembelian barulah produk akan di buat ( dimasak ). Dan kerena kami ingin menjaga kualitas dan kesegaran bahan-bahan makanan, kami akan menggunakan metode just in time, kami tidak akan melakukan sistem persedian. Jadi kami akan membeli bahan yang akan digunakan untuk jangka waktu satu hari produksi atau maksimal dua hari produksi saja.

PERALATAN-PERALATAN YANG DIGUNAKAN

1. Kompor gas 7. Lemari pendingin

2. Ricecooker 8. Lemari es

3. Oven 9. Wajan

4. Mixer 10. Panci

5. Blender / juicer

6. Perkakas dapur ( sendok, baskom, irus)

PERLENGKAPAN

1. Meja 20 buah

2. Kursi 100 buah

3. Perlengkapan kasir 1 unit

4. Mangkok dan piring 200 buah

5. Sendok, garpu 300 buah

6. AC 1 unit

Ø LOKASI USAHA

Lokasi usaha berada di Jalan Sudirman, depan Pasar Baru Square. Lokasi ini di pilih karena letak nya yang sangat strategis dan mudah di jangkau. Berada di pusat kota, sangat dekat dengan wilayah perkantoran, mall dan terpenting dekat dengan sekolah-sekolah dan perpustakaan kota. Lokasi yang sangat pas sekali untuk usaha ini. Kami membuka induk perusahaan di Kota Balikpapan karena penduduk Kalimantan Timur cenderung konsumtif dan banyak sekali ibu yang berkarir.

Ø LAYOUT

Kami akan menggunakan layout yang nyaman bagi keluarga yang datang dengan ruangan indoor dan outdoor, interior seperti rumah huni yang memiliki taman bermain, gambar-gambar menarik di setiap dinding nya, juga meja dan kursi yang imut bagi anak-anak dan balita, penerangan yang baik, dan ventilasi serta sirkulasi udara yang langsung ke arah taman, sehingga udara lebih segar, dan yang terpenting kesemuanya tetap nyaman dan aman bagi keluarga dan terutama anak-anak.

Ø RENCANA JUMLAH PRODUKSI

Untuk rencana jumlah produksi, kami akan memproduksi menu tiap item dengan jumlah yang berbeda, sesuai dengan produk / menu mana yang paling diminati konsumen. Berikut adalah rencana produksi kami :

· Bubur , 20 porsi untuk seluruh menu bubur per hari nya

· Sup , 20 porsi untuk seluruh menu bubur per hari nya

· Paket nasi , 30 porsi untuk seluruh menu bubur per hari nya

· Puding , 20 porsi untuk seluruh menu puding per hari nya

· Camilan sehat, 20 porsi untuk seluruh menu camilan per hari nya

· Minuman , 20 es cream untuk semua menu es cream, dan 50 jus untuk aneka jus per hari nya

Penjadwalan

· Untuk pelayanan toko, “Baby Fun Restaurant” akan buka pukul 06.00 pagi hingga 08.00 malam. Tetapi untuk layanan delivery order, “Baby Fun Restaurant’ melayani pemesanan 24 jam.





4) Aspek MSDM

A. PENGORGANISASIAN (ORGANIZING)

a. Langkah Pengorganisasian

Tujuan utama usaha “Baby Fun Restaurant” adalah mendapatkan keuntungan / laba / profit yang juga di imbangi dengan manfaat yang kami produksi dengan memberikan kepuasan maksimal kepada pelanggan. Jadi kami akan berusaha untuk menjaga pelayanan terbaik kami dan menjaga mutu serta meningkatkan kualitas yang terus meningkat untuk memenuhi usaha ini secara jangka panjang.

b. PENGARAHAN (ACTUATING)

“Baby Fun Restaurant” mengkaji Pengarahan dari sisi seperti : fungsi pengarahan yang harus terpenuhi serta sikap dan perilaku pemimpin yang hendaknya memenuhi kriteria agar dapat mengarahkan bawahannya. Oleh karena itu, pemilik “Baby Fun Restaurant” berusaha menggunakan kekuasaan secara positif terutama dalam mengambil keputusan.

c. PENGENDALIAN (CONTROLING)

Pengendalian yang dilakukan oleh “Baby Fun Restaurant” untuk memastikan apakah aktivitas yang dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Oleh karena itu, kami menerapkan pelaporan pengawasan, sehingga dapat mencegah terjadinya penyimpangan dan menjamin diberlakukannya tindakan korektif / perbaikan atas kesalahan yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi.

d. STRUKTUR ORGANISASI

“Baby Fun Restaurant” mengatur usaha agar sejalan dengan tujuan usaha, kemampuan sumber daya yang dimiliki, dan kondisi lingkungan usaha baik internal maupun eksternal.

Baby Fun Restaurant di pimpin oleh Direktur, dengan tipe oeganisasi ini, maka perintah dalam perusahaan ini mengalir dari direktur ke manajer ahli gizi dan pengembngan produk yang mempunyai lima orang staf, manajer strategi dan pemasaran yang mempunyai sepuluh orang staf, manajer SDM yang mempunyai bawahan penanggungjawab masing-masing cabang, dan manajer keuangan yang mempunyai dua orang staf.

Setiap oulet atau restoran cabang di pimpin oleh penanggungjawab cabang, disetiap cabang terdiri dari lima orang staf produksi / masak, delapan orang pelayan dan 1 orang kasir.

e. JUMLAH TENAGA KERJA DAN JOB DESKRIPSI

Untuk jumlah tenaga kerja, “Baby Fun Restaurant” membutuhkan satu orang penanggungjawab cabang, lima orang untuk kegiatan produksi atau memasak menu, delapan orang pelayan yang juga akan mengantarkan pesanan saat ada konsumen yang memesan menu, dan satu orang kasir yang meayani transaksi pembelian di toko dan juga struk pembelian delivery order. Berikut tugas dan wewenang dari tenaga kerja atau karyawan yang akan di perkerjakan ;

Jumlah tenaga kerja per restaurant / outlet :

1 orang penanggungjawab cabang

Ø Tugas

· Bertugas mengurus bahan, alat dan yang bersangkutan dengan proses produksi

· Mencatat keuangan retoran cabang

· Mengatur dan mengarahkan karyawan

· Melaporkan seluruh kegiatan operasi restoran kepada pemilik atau direktur

· Mengawasi kinerja karyawan serta memberikan motivasi jika diperlukan

Ø Wewenang

· Mengambil keputusan terbatas pada masalah jalannya kegiatan restoran

· Merekrut dan memberhentikan karyawan dengan persetujuan direktur

5 orang divisi produksi / memasak

Ø Tugas

· Bertugas memasak menu makanan

· Mencatat bahan yang dibutuhkan dan persediaan bahan

· Mencuci alat dan perlengkapan produksi

Wewenang

· Mengatur dapur untuk kemudahan produksi

8 orang pelayan yang juga merangkap sebagai pengantar pesanan

Tugas

· Melayani konsumen, mulai dari penyambutan hingga mencatat pesanan

· Membersihkan restoran

· Mengantar pesanan jika ada yang memesan



1 orang kasir

Tugas

· Melayani transaksi pembelian baik di restoran maupun struk delivery order

· Merapikan dan menyerahkan sruk atau nota pembelian maupun penjualan yang nantinya akan digunakan sebagai bukti penjualan dan pembelian pada jurnal umum kepada penanggungjawab cabang di restorant.

5) ASPEK KEUANGAN

1. MODAL TETAP

Peralatan + perlengkapan

= Rp 7.350.000,- + Rp 16.020.000,-

= Rp 23.370.000,-

2. MODAL KERJA

Bahan produksi + overhead + tenaga kerja langsung

= Rp 17.358.500,- + Rp 5.630.000,- + Rp 19.700.000,-

= Rp 42.715.500,-

3. ESTIMASI PERSIAPAN USAHA


ITEM

NILAI


Studi Awal ( riset pasar, survey pasar )

Rp 1.000.000,-


Persiapan Awal ( modal kerja )

Rp 42.715.500,-


Gedung sewa ( 75 m2 )

Rp 15.000.000,-


Peralatan

Rp 7.350.000,-


Perlengkapan

Rp 16.020.000,-


Pelatihan karyawan

Rp 2.200.000,-


NILAI TOTAL

Rp 70.785.500,-
























4. CASH IN FLOW / ARUS KAS



Uraian

Tahun I

Tahun II

Tahun III


ALIRAN KAS DARI AKTIVITAS OPERASI ALIRAN KAS MASUK:

1. penjualan

- Penerimaan Penjualan:
Bubur
sup
paket nasi
puding
camilan sehat
jus & susu
susu buah & es domby dum
es cream



jumlah



ALIRAN KAS KELUAR:

1. kegiatan operasional

- tenaga kerja

- bahan baku

- biaya overhead

- promosi

2. pembelian peralatan

-pembelian peralatan



jumlah











65.700.000,-

87.600.000,-

109.500.000,-

36.500.000,-

43.800.000,-

82.125.000,-

98.550.000,-

43.800.000,-



567.575.000,-







236.400.000,-

208.626.000,-

67.560.000,-

30.000.000



23.370.000,-



565.956.000,-











76.650.000,-

102.200.000,-

127.750.000,-

45.625.000,-

54.750.000,-

91.250.000,-

109.500.000,-

51.100.000,-



658.825.000,-







236.400.000,-

242.006.000,-

78.300.000,-

30.480.000,-



587.186.000,-











87.600.000,-

116.800.000,-

146.000.000,-

54.750.000,-

65.700.000,-

100.375.000,-

120.450.000,-

58.400.000,-



750.075.000,-







236.400.000,-

280.726.000,-

90.828.000,-

35.560.000,-







643.514.000,-






NET CASH FLOW dari aktivitas operasi

1.619.000,-

71.639.000,-

106.561.000,-


ALIRAN KAS DARI AKTIFITAS PENDANAAN

1.aliran kas masuk

-modal sendiri



NET CASH FLOW







145.137.220



146.756.220







127.188.820



198.827.820







141.639.500



284.200.500




Harga pokok/unit + bahan penolong + overhead + tenaga kerja langsung

HPP tahun 1 = Rp 12.590.400,- + Rp 5.676.000,- + Rp 67.560.000,- + Rp 236.400.000,-

= Rp 322.226.400,-

HPP tahun 2 = Rp 14.604.400,- + Rp 6.584.000,- + Rp 78.300.000,-+ Rp 236.400.000,-

= Rp 335.888.400,-

HPP tahun 3 = Rp 16.941.000,- + Rp 7.637.000,- + Rp 90.828.000,-+ Rp 236.400.000,-

= Rp 351.806.000,-



4. LAPORAN LABA RUGI

Ø LAPORAN LABA RUGI (tahun 1)

Penjualan Rp 567.575.000,-

HPP Rp 322.226.400,-

Pendapatan kotor Rp 245.348.600,-

Biaya-biaya

-operasional tunai Rp 37.700.000,-

-penyusutan (Rp 23.370.000/5) Rp 4.674.000,-

Total biaya Rp 42.374.000,-

Laba sebelum pajak Rp 202.974.600,-

Pajak ( 30 %) Rp 60.892.380,-

Laba setelah pajak Rp 142.082.220,-

Ø LAPORAN LABA RUGI (tahun 2)

Penjualan Rp 658.825.000,-

HPP Rp 335.888.400,-

Pendapatan kotor Rp 322.936.600,-

Biaya-biaya

-operasional tunai Rp 40.900.000,-

-penyusutan (Rp 23.370.000/5) Rp 4.674.000,-

Total biaya Rp 45.574.000,-

Laba sebelum pajak Rp 277.362.600,-

Pajak ( 30 %) Rp 83.208.780,-

Laba setelah pajak Rp 194.153.820,-

Ø LAPORAN LABA RUGI (tahun 3)

Penjualan Rp 750.075.000,-

HPP Rp 351.806.000,-

Pendapatan kotor Rp 398.269.000,-

Biaya-biaya

-operasional tunai Rp 45.700.000,-

-penyusutan (Rp 23.370.000/5) Rp 4.674.000,-

Total biaya Rp 50.374.000,-

Laba sebelum pajak Rp 347.895.000,-

Pajak ( 30 %) Rp 104.368.500,-

Laba setelah pajak Rp 243.526.500,-






BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan



Dengan mempertahankan cita rasa dan pelayanan yang baik dan dengan membuat inovasi-inovasi yang kreatif baik di dalam produksi, harga, maupun pelayanan serta sangat memperhatikan kesehatan dan keamanan produk untuk dikonsumsi maka kami yakin bahwa Baby Fun Restaurant akan terus mendapat kepercayaan dari konsumen. Kami menargetkan pelanggan kami adalah dari semua kalangan baik kalangan menengah ke atas ataupun menengah ke bawah, karena kami menciptakan sebuah makanan mewah dengan harga yang terjangkau.

0 komentar:

Posting Komentar